Senin, 30 Maret 2020

ASPEK PEMASARAN DALAM BERWIRAUSAHA

Muhammad Cahya Piu (20180502205)
Sebelum membahas lebih mendalam tentang aspek pemasaran dalam berwira usaha kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan pemasaran. Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang- barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan atau badan usaha.
 
Pemasaran sangat dibutuhkan bagi semua pelaku bisnis baik yang baru merintis maupun yang telah dikenal luas dimasyarakat. Namun perlu diketahui bahwa pemasaran memiliki berbagai aspek dalam berwirausaha sebagai berikut.  

Spesifikasi Produk dan Product Differentiation Produk adalah setiap hal berupa barang maupun jasa yang ditawarkan ke pasar untuk memenuhi kepuasan dan kebutuhan konsumen. Penentuan spesifikasi produk dapat dilihat dari kondisi pasar yang ada dengan melakukan analisis aspek pemasaran yang lainnya. Penentuan kebutuhan dan keinginan pelanggan riset pasar harus diarahkan dan dibutuhkan konsumen, berapa jumlahnya, Kualitas yang bagaimana, siapa yang membutuhkan, dan kapan mereka membutuhkan.  

Segmentasi Pasar merupakan strategi pemasaran yang sangat terkenal bagi usaha yang baru. kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk ke dalam satuan-satuan pasar (segmen pasar) yang bersifat homogen. Jadi perusahaan membagi pasarnya ke dalam segmen-segmen pasar tertentu dimana tiap-tiap segmen tersebut memiliki sifat homogen. Hal ini disebabkan karena dalam kenyataanya masih terdapat produk yang memiliki sifat heterogen pada seluruh pasar atau produk tersebut hanya diperlukan oleh kelompok pasar tertentu saja.  

Penelitian dan Pengembangan Pasar (Probe) Keunggulan bersaing perusahaan baru terletak pada perbedaan (diferinsiasi) perusahaan tersebut dengan pesaingnya dalam hal:
a. Kualitas yang Iebih baik;
b. harga yang Iebih murah dan bisa ditawar;
c. lokasi yang Iebih cocok, Iebih dekat, Iebih cepat;
d. seleksi barang dan jasa yang Iebih menarik;
e. pelayanan yang Iebih menarik dan Iebih memuaskan konsumen;
f. kecepatan, naik dalam pelayanan maupun dalam penyaluran barang.

Bagi usaha baru sangat cocok untuk menerapkan strategi “market driven” dengan berdasarkan enam pondasi:
 a. orientasi konsumen,
b. Kualitas,
c. kenyamanan dan kesenangan,
d. lnovasi,
e. kecepatan,
f. pelayanan, dan
g. kepuasan pelanggan  

Tempat (Place) Tempat yang menarik bagi konsumen adalah tempat yang paling strategis, menyenangkan dan efisien, dengan jalan :
a. perbanyak saluran distribusi,
b. tata Ietak usahanya, misal tata etalase dan posisinya,
c. gunakan cara penyampaiannya barang seefisien mungkin, dan
d. mengubah-ubah persediaan dari gudang yang satu ke gudang/ tempat yang Iain.

 Ada dua saluran distribusi yaitu saluran distribusi untuk barang industri dan saluran distribusi untuk barang konsumsi. Saluran distribusi untuk barang-barang konsumsi, memiliki empat saluran distribusi, yaitu dari pabrik: 1) ke konsumen; 2) ke pedagang kecil Ialu ke konsumen 3) ke pedagang besar (grosir) Ialu ke konsumen ; 4) ke pedagang besar Ialu ke pedagang kecil/ eceran & retailer) dan ke konsumen.  

Harga (Price) Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memberikan harga yang menarik bagi konsumen, yaitu sebagai berikut.
a. Menentukan harga dasar dan harga jual barang yang berbeda-beda.
Hal yang perlu diperhatikan dalam menetapkan harga, yaitu
1) biaya penjualan dan biaya barang;
2) harga yang dimilki pesaing;
3) elastisitas permintaan barang.

b. Memberikan potongan harga yang ben/ariasi, misalnya :
1) potongan penjualan tunai;
2) potongan penjualan dengan pembelian tunai;
3) sistem diskon/ hadiah;

c. Memberikan keringan waktu pembayaran, dengan 3 cara :
1) pembayaran di muka;
2) pembayaran di belakang;
3) pembayaran kredit/ dicicil.

 Promosi Promosi merupakan cara berkomunikasi kan barang- barang dan jasa yang akan ditawarkan supaya konsumen mengenal dan membeli. Ada beberapa jenis promosi, yaitu sebagai berikut.
a. Periklanan.
b. PromosiPenjualan.
 c. Wiraniaga.
d. Pemasaran Iangsung.
e. Humas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Inilah Bisnis Saya

Halo teman-teman semuanya..!! Pada kesempatan kali ini saya akan memeberitahu kepada kalian semua bisnis seperti apa yang akan saya pilih...