Selasa, 07 April 2020

Strategi Pengembangan Produk

Muhammad Cahya Piu
20180502205

 
Memulai bisnis baru memanglah tidak mudah, dibutuhkan keberanian, tekad, dan usaha yang kuat untuk membangun usaha tersebut hingga dapat bertahan dan bahkan menghasilkan keuntungan yang besar. Di era sekarang ini banyak pelaku usaha muda berbondong-bondong membuka usaha baik itu usaha yang sesuai dengan hobi dan keterampilan mereka maupun melihat peluang pasar seperti membuka usaha dengan produk yang lagi trend atau viral di masyarakat.

Berwirausaha tidak lepas dengan namanya persaingan, persaingan dalam konteks wirausaha ialah dimana produk yang kita jual dapat dikenal masyarakat dan laku dipasaran. Tidak sedikit pula para pelaku usaha gulung tikar akibat tidak mampu bersaingan dengan persaingan yang begitu ketat. Maka dari sangat dibutuhkan strategi dalam mengembangkan produk usaha dengan tujuan usaha yang kita miliki dapat mampu bersaing dengan produk lainnya dan juga dengan mengembangkan produk maka kita dapat meningkatkan pertumbuhan laba atau keuntungan yang tentunya akan berdampak positif bagi usaha kita.

Namun sebelum kita membahas lebih dalam tentang pengembangan produk, kita harus memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan produk. Produk memiliki 2 arti yakni dalam artian sempit dan dalam artian luas, arti produk dalam artian sempit adalah sekumpulan atribut fisik nyata yang terakit dalam sebuah bentuk yang dapat diindentifikasikan sedangkan produk dalam artian luas adalah satribut fisik nyata dan tidak nyata didalamnya sudah tercakup harga, kemasan, prestise, pabrik, dan lain-lain yang diterima konsuman dan dapat memuaskannya.

Untuk mengembangkan produk usaha dibutuhkannya inovasi produk, inovasi produk sangat penting untuk meningkatkan pertumbuhan usaha. Inovasi produk adalah dimana kita menciptakan suatu produk baru ataupun mengenbangkan produk usaha yang sudah ada dengan kreatifitas sehingga dapat meningkatkan laba dan inovasi produk termasuk dalam strategi daur hidup produk atau dikenal dengan product life cycle yang dimana strategi ini meningkatkan penjualan dengan inovasi produk, apabila suatu produk mengalami penurunan penjualan disitulah inovasi produk hadir untuk meningkatkan kembali penjualan dan ini dilakukan secara terus menerus sehingga tidak terjadi penurunan. Kenapa inovasi produk sangat diperlukan dalam mengembangkan produk? karena pada era sekarang ini konsumen jauh lebih selektif akan kualitas suatu produk, konsumen pada era sekarang lebih banyak mementingkan kualitas produk sebagai acuan untuk membeli dan tak hanya itu persaingan sangat ketat membuat pelaku usaha harus membuat inovasi produk dengan tujuan menarik perhatian konsumen.

Satu produk yang dibuat manusia pada dasar akan mengalami menurunan penjualan karena produk yang ada dipasaran tentunya mengalami perkembangan sehingga konsumen juga akan ikut terbawa pada perkembangan tersebut, jika kita tidak melakukan suatu inovasi pada produk dan tetap mengandalkan satu produk yang lama untuk dijual maka cepat atau lambat produk tersebut akan mengalami penurunan penjualan dan mulai terlupakan.



Saya ambil contoh salah satu produk elektronik terkenal didunia yaitu apple, produk ini terkenal karena kecanggihan teknologinya yang membuat banyak konsumen yang ingin memilikinya, terlepas dari itu strategi pengembangan produk oleh apple sama seperti product life cycle dimana apple melakukan inovasi seperti meluncurkan produk-produk baru mereka dengan mengembangkan teknologi-teknologi baru sehingga penjualan dari produk mereka terus meningkat contohnya apple memiliki berbagai macam jenis handphone dari tahun ke tahun yang bernama iPhone dimulai dari iPhone 2g yang rilis pada tahun 2007. Handphone ini menarik perhatian konsumen khususnya dibidang teknologi karena inovasi yang dibuatnya berbeda dengan handphone yang beredar dipasaran saat itu terbukti dari foto yang diatas banyak pelanggan yang rela mengantri begitu lama hanya untuk membeli produk terbaru dari apple, tidak sampai disitu apple merilis iPhone model terbaru yaitu iPhone 3g dengan mengembangkan teknologi yang lebih canggih dari iPhone 3g, kemudian dilanjutkan dengan iPhone berikutnya yang dirilis hampir setiap 1 tahun sekali hingga pada akhirnya iPhone 11 yang membuat dunia teknologi dibuat kagum karena inovasi yang dibuat apple dan konsumen merasa sangat tertarik dan memiliki keinginan untuk memiliki handphone tersebut dengan inovasi yang baik dan kualitas yang terjamin membuat apple memiliki banyak pelanggan setia yang membuat penjualan iPhone meningkat setiap tahunnya sehingga banyak brand yang mengikutinya. 

Dari penjelasan diatas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa inovasi sangat diperlukan untuk menningkatkan pertumbuhan suatu produk karena pada dasarnya konsumen ingin sesuatu yang baru dengan kualitas yang baik ditambah juga dengan perkembangan zaman yang menuntut untuk membuat suatu perubahan agar tidak ketinggalan zaman tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Inilah Bisnis Saya

Halo teman-teman semuanya..!! Pada kesempatan kali ini saya akan memeberitahu kepada kalian semua bisnis seperti apa yang akan saya pilih...